Pembelajaran Metode Daring : Ibrah Si Covid di Era Digital
Pembelajaran Metode Daring : Ibrah Si Covid di Era Digital
Oleh:
Dede Mulyadi, S.Pd.I
A. Latar Belakang Pemilihan Metode
Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia telah merubah seluruh sistem kehidupan termasuk didalamnya sistem pendidikan. Dalam upaya mencegah meluasnya penularan virus Covid-19 pemerintah melakukan beberapa kebijakan dari mulai bekerja dari rumah, beribadah di rumah dan belajar dari rumah. Kondisi ini tentunya menuntut lembaga-lembaga pendidikan baik itu formal maupun nonformal untuk berinovasi agar proses pembelajaran tetap berlangsung meski pada masa pandemi Covid-19 yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Jararak Jauh (PJJ) dengan sistem online atau dalam jaringan (Daring). Banyak kendala dalam proses pembelajaran daring dari mulai sarana prasarana, kualitas jaringan internet yang kurang memadai dan lain-lain.
Peran guru dalam menentukan media pembelajaran daring sangatlah penting karena akan berpengaruh kepada aktivitas belajar siswa. Pemilihan media belajar daring harus mempertimbangkan berbagai asfek diantaranya adalah asfek mudah dan menarik bagi siswa.
Saya bekerja di MAN Purwakarta mengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 10 dan 11. Untuk memfasilitasi pembelajaran daring pihak madrasah telah menyediakan aplikasi e-learning madrasah. Namun, walaupun demikian pihak sekolah memberikan keleluasaan bagi guru untuk berkreasi menentukan media pembelajaran daring yang akan digunakan. Atas dasar pertimbangan tersebut, saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan metode pembelajaran daring dengan beberapa media online yaitu, WhatsApp grup, e-learning madrasah, zoom meeting, kahoot, media sosial instagram dan googleform. Alasan saya menggunakan banyak media daring tentunya agar siswa tidak bosan dan untuk meningkatkan keterampilan saya dalam IT.
B. Aktivitas dalam Menerapkan Metode Daring
Implementasi metode pembelajaran daring yang saya terapkan disesuaikan dengan media yang saya gunakan dan bahan ajar yang sudah saya siapkan. Rincinya sebagai berikut:
- Media WhatsApp Grup
Pada saat ini whatsApp atau disingkat WA sudah tidak asing lagi bagi kita, setiap orang yang memiliki HP android pasti punya aplikasi WA. Aplikasi WA menjadi alat daring pertama karena mudah dan simpel berinteraksi dengan siswa. Dalam pembelajaran daring, WA saya gunakan sebagai media pertama untuk membuka pembelajaran, mengarahkan siswa untuk ke media selanjutnya dan menutup atau menyimpulkan pembelajaran. Agar simple dan elegan saya biasa menggunakan voicenote di WA.
- E-learning madrasah
E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif. Saya mengarahkan siswa login ke e-learning madrasah melalui grup WA. Pesertadidik login ke e-learning dengan username dan fassword menggunakan NISN masing-masing.
Dalam e-learning madrasah saya mengunggah bahan ajar berupa PPT, Video, file PDF atau Link Artikel. Kemudian siswa menganalisis bahan ajar dan melakukan tanya jawab di time line kelas e-learning. Kelebihan dalam e-learning madrasah kita bisa memantau aktivitas siswa, membuat penugasan KI-3 dan KI-4 yang hasilnya bisa langsung siswa upload di e-learning madrasah serta administrasi guru lainnya.
- Zoom Meeting
Aplikasi zoom meeting belakangan ini memang jadi populer sebagai sarana untuk pembelajaran daring. Saya menggunakan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran hanya diwaktu-waktu tertentu saja berhubung aplikasi ini bisa menguras kuota internet siswa tentunya bisa menjadi pemborosan dan memberatkan orang tua. Aplikasi ini saya gunakan hanya pada saat pertemuan awal semester dan akhir semester saja dengan maksud agar dapat memotivasi siswa secara langsung bertatap muka walau hanya sebatas tatap muka virtual, setidaknya saya bisa melihat senyum siswa di awal dan di akhir semester pembelajaran.
- Media Sosial Instagram
Media sosal dikalangan siswa sudah bukanlah hal yang asing terutama media sosial instagram. Hampir seluruh siswa punya akun instagram. Sebetulnya saya pribadi kurang aktif di media sosial. Namun dengan adanya wabah si covid ini akhirnya saya pun mencoba untuk menyesuaikan diri untuk aktif di media sosial instagram. Saya gunakan IG sebagai media daring. Saya lakukan siaran langsung di IG menyampaikan materi pembelajaran, siswa saya tugaskan memposting tugas-tugas di IG seperti biografi Rasulullah SAW dan lain-lain. Setidak itu lebih berfaidah dan bermanfaat bagi follower mereka.
Selain menjadikan IG sebagai media pembelajaran daring. Manfaat lain, saya juga dapat memantau aktivitas siswa saya dalam bermedia sosial, postingan-postingan yang mereka yang kurang sesuai sebagai siswa madrasah saya minta hapus. Ini sebagai bentuk penilaian apektif mereka. Manfaat lainnya follower IG saya pun bertambah oleh para siswa, jadi saya bisa share hal-hal yang bermanfaat di IG.
- Kahoot
Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Pada masa daring proses penilain pembelajaran tetap sesuatu yang penting untuk dilakukan sebagai tolok ukur dan evaluasi sejauh mana keberhasilan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Saya menggunakan platform kahoot dengan tujuan agar evaluasi yang saya gunakan dapat menarik siswa untuk berantusias dalam mengukitnya.
- Googleform
Elemen penting lainnya dalam pembelajaran daring yang harus selalu diperhatikan ialah kehadiran atau partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajran. Tidak dapat kita pungkiri kehadiran siswa pada saat pembelajaran tatap muka dan daring jauh berbeda dan bahkan menurun.
Untuk tetap memperhatikan kehadiran siswa dalam proses pembelajaran. Saya menggunakan googleform sebagai media absensi siswa. Absensi yang biasa saya lakukan diawal pembelajaran pada saat tatap muka, pada saat pembelajaran daring saya lakukan diakhir proses pembelajaran dengan menggunakan googleform. Saya buat googleform setiap pertemuan dengan link yang berbeda agar absen setiap pertemuannya tidak tertumpuk. Googleform mudah dibuat, kita tinggal punya akun google atau email setelah itu di google drive kita bisa buat googleform. Googleform juga mudah digunakan siswa, mereka tinggal klik link yang kita share kemudian mengisi data yang diminta dan mengirimkan jawaban.
Data yang saya minta dalam absensi googleform ialah nama lengkap, kelas, nomor absen, tanggal, waktu, pilihan kehadiran (hadir, izin, sakit) dan pertanyaan-pertanyaan singkat terkait materi yang telah disampaikan, saya setting pertanyaan itu wajib isi, setelah itu siswa baru dapat mengirim jawaban. Dengan adanya pertanyaan-pertanyaan singkat tentang materi yang telah disampaikan saya dapat mengetahui sejauh mana siswa menyimak pembelajaran dan berapa jumlah siswa yang hadir pada saat itu. Jawaban siswa pada googleform saya nilai secara langsung kemudian hasilnya saya share di WA grup sebagai stimulus agar siswa selalu hadir dan menyimak proses pembelajaran dengan baik.
Media-media pembelajaran daring tersebut saya implementasikan sesuai situasi kondisi dan bahan ajar yang sudah saya buat. Jadi, tidak semua media sekaligus saya gunakan dalam setiap pertemuan.
C. Tantangan yang Dihadapi
Setiap metode yang diterapkan dalam pembelajaran pasti ada tantangannya. Dalam implementasinya metode dan media pembelajaran daring yang saya gunakan pun mengalami beberapa tantangan yang saya rasakan yaitu:
- Kondisi sarana prasarana penunjang daring siswa yang berbeda-beda
Masih ada keluhan dari siswa terkait sarana prasarana daring dari mulai HP rusak, kuota internet habis, dan tinggal ditempat yang sulit jaringan internet.
- Kemampuan IT siswa yang tidak bisa disama ratakan
Saat saya menggunakan media pembelajaran daring masih ada beberapa siswa yang kesulitan karena sebelumnya belum pernah menggunakannya. Hal ini terjadi kebanyakan di kelas 10, mereka siswa baru yang disekolah sebelumnya mungkin tidak menggunakan media daring yang sekarang saya gunakan, sehingga mereka perlu waktu untuk beradaptasi terlebih dahulu. Masih ada siswa yang belum punya akun email atau akun google dimana hal ini menjadi kunci dalam pembelajaran daring.
- Kemampuan, minat dan bakat siswa sulit terdeteksi
Tentunya kita sebagai guru memiliki tujuan untuk membina, memupuk dan mengembangkan minta bakat dan kemampuan yang dimilikioleh siswanya. Namun, dalam pemelajaran daring ini sulit dilakukan karena terbatasnya interaksi dan proses pemantauan.
D. Efektifitas Metode Pembelajaran Daring
Efektifitas metode pembelajaran daring tentunya tidak sebaik pembelajaran tatap muka. Namun, dengan beberapa media pembelajaran daring yang saya pilih ini saya rasa efektif dalam pelaksanannya dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh secara daring. Pembelajaran menjadi terarah, mudah, menarik dan tidak membosankan bagi siswa karena penggunaan media yang tidak hanya satu jenis. Walaupun pelaksanaannya dilakukan secara daring siswa dapat mendapatkan pembelajaran secara visual, audio dan audio visual. Saya pun tetap dapat memantau dan memberikan penilaian kepada siswa baik ranah kognitif, apektif dan psikomotornya.
Profil Singkat Penulis
Penulis bernama Dede Mulyadi, S.Pd.I. Lahir di Cianjur pada tangal 10 Maret 1990. Saat ini penulis bekerja sebagai guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Dalam melaksanakan tugasnya penulis memiliki motto “Sadari diri, pahami tufoksi dan tunaikan amanah”.
Penulis bisa dihubungi di:
Email : dedemulyadi0711@gmail.com
No HP 085721266602
situs slot
situs slot gacor
toto macau
togel online
togel resmi
situs bandar togel
bandar togel
situs slot
bandar togel
bandar togel
toto macau 4d
bandar togel
bandar togel
toto slot
situs toto
toto macau 5d